Senin, 12 November 2012

SESUATU DI BALIK KEJADIAN HARI ITU


Hari tu menjadi hari yang menegangkan sekaligus mengesankan bagi Ni Luh Putu Lilis Sinta Setiawati, Ni Luh Dewi Mahayani, dan Ni Putu Ayu Linda Permitasari. Kelompok ketiga siswi kelas XI SMA Negeri Bali Mandara (Sampoerna Academy) itu merupakan salah satu peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diadakan pada tanggal 21 September 2012. LKTI tingkat SMA, SMK,
MA seregional (Bali, Jawa, Nusa Tenggara) tersebut berlangsung di Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali.
Setelah menjalani proses pembinaan selama beberapa hari bersama I Wayan Madiya, M.Pd., pembina ekstrakurikuler KIR SMA Negeri Bali Mandara (Sampoerna Academy), naskah karya tulis yang berjudul “Pembangkit Listrik Tenaga Hidrogen dengan Metode Hidro-elektrolisis Untuk Mengembangkan Listrik di Kecamatan Kubutambahan” lolos dalam peringkat 8 besar. Selain naskah, penilaian juga berpedoman pada presentasi dengan akumulasi nilai 60% naskah dan 40% presentasi. Hasil karya ketiga siswi yang akrab dipanggil Lilis, Dewi, dan Linda pun akhirnya keluar sebagai juara ke-3 mengalahkan peserta lainnya dalam ajang itu.
Masing-masing peserta memiliki refleksi dan evaluasi tersendiri dari perlombaan ini. Lilis mengatakan, “kekompakan dalam tim perlu ditingkatkan lagi untuk keberhasilan di lomba-lomba berikutnya”. Sedangkan menurut Dewi, “Dalam mengerjakan sesuatu, semangat harus tetap menggembu dan tidak boleh ada waktu untuk mengeluh”.
Hasil yang didapatkan oleh Lilis, Dewi, dan Linda merupakan hasil kerja keras berbagai pihak. Dukungan serta doa orang tua serta warga sekolah juga tidak lepas sebagai faktor penyemangat mereka. “Hal yang tidak kalah penting adalah dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Bali dan Putera Sampoerna Foundation sebagai pihak-pihak yang telah memberikan kesempatan pada siswa-siswi SMA Negeri Bali Mandara (Sampoerna Academy) untuk mengenyam pendidikan dan meraih segudang prestasi”, tutur Linda. (LDL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar