Selasa, 18 September 2012


SEJARAH SEKOLAH
SMA N Bali Mandara adalah sekolah internasional yang didirikan pada 8 April 2011 sesuai dengan Keputusan Gubernur Bali: Bali No 680/03-A/HK/2011. Sesuai dengan Memorandum of Understanding antara Pemerintah Provinsi Bali dengan Putera Sampoerna Foundation  disepakati bahwa Pemerintah Provinsi Bali berkewajiban menyiapkan kebutuhan fisik sekolah seperti lahan, bangunan, dan fasilitas pendukung, sedangkan Putera Sampoerna Foundation berkewajiban menyiapkan biaya operasional sekolah seperti biaya makan dan minum, buku-buku, alat-alat laboratorium, pakain seragam siswa, biaya kegiatan non akademik dan gaji guru serta pegawai

PROFIL SEKOLAH
SMAN BALI Mandara adalah sekolah asrama yang menyediakan akses pendidikan Internasional untuk siswa dari latar belakang kurang mampu secara ekonomi namun menunjukkan prestasi akademis dan non akademis yang bagus. Sekolah ini menyediakan sebuah program yang berbeda untuk mengembangkan kedalaman intelektual dan berpikir tingkat yang lebih tinggi serta meningkatkan kreativitas produktif dan juga mempersiapkan para siswa untuk tanggung jawab kepemimpinan dan pelayanan terhadap negara dan masyarakat. Penerimaan siswa berdasarkan atas prestasi dan kekurangmampuan secara ekonomi. Salah satu dimensi penting dari sekolah ini adalah perpaduan antara kurikulum Cambridge, program pendidikan internasional yang dikembangkan dan dikelola oleh Universitas Cambridge dengan kurikulum Pendidikan Nasional KTSP.
1.      Visi sekolah
To become the premier school in Bali in creating future leaders.
2.      Misi Sekolah
creating future leaders with strong moral values, life skills, and an awareness of environmental and global issues
3.      Motto sekolah
Green, Clean, Sharing, Caring, healthy
4.      Nilai yang dikembangkan
           Respect, Courageous, Empathy, Collegiality, Patriotism, Excellence, Accountability, Innovation
5.      Proses Penerimaan Siswa
            Penerimaan peserta didik baru dilaksanakan melalui tiga tahapan proses yaitu : 1) paper based, 2) Boot Camp meliputi tes bahasa inggris, tes matematika, interview, dan fokus group discussion, 3) home visit untuk memastikan keadaan ekonomi dan dukungan orang tua. 

PROGRAM SEKOLAH
Program-program akademik di SMA N Bali Mandara merupakan gabungan kurikulum internasional dari Cambridge IGCSE dan Tingkat A /  AS dengan kurikulum nasional Indonesia (KTSP). Proses pembelajaran dirancang untuk memfasilitasi siswa untuk mencapai keberhasilan, tumbuh dalam kepercayaan diri dan mendapatkan positif diri. Hal ini dilakukan sepenuhnya dalam bahasa Inggris, terutama untuk mata pelajaran inti untuk sertifikat internasional tanpa mengabaikan imuatan nasional dan lokal.
Program holistik pendidikan di SMA N Bali Mandara dibuat  untuk  siswa aktif dalam mengembangkan potensi, minat, bakat, dan pertumbuhan pribadi. Program  Learning to Live  (L2L), kewirausahaan dan kepemimpinan. Program L2L berfokus pada peningkatan kecakapan hidup siswa serta memajukan bakat mereka di bidang non-akademis. Hal ini dibagi menjadi empat program, personeel well being, seni dan kreativitas, pelayanan masyarakat, dan kewarganegaraan global.

FASILITAS SEKOLAH 
Fasilitas di SMA N Bali Mandara dirancang untuk memenuhi kebutuhan sekolah di semua bidang, termasuk bidang akademik dan non akademik serta kehidupan asrama. Sampai saat ini, sekolah telah dilengkapi dengan 3 ruang kelas, perpustakaan, kimia / biologi lab, lab fisika, kantor dan asrama untuk 75 siswa. Selain bangunan, sekolah juga masih berusaha untuk memenuhi kebutuhan para siswa seperti buku, sumber belajar lainnya, peralatan olahraga, dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kemampuan belajar mereka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar