Kamis, 15 November 2012

Go Ari Kempo


Dalam rangka memperingati Porseni Kabupaten (Porkab), Pemerintah Kabupaten Buleleng menggelar kejuaraan kempo se-kabupaten buleleng yang diikuti seluruh kecamatan. Memang bukan kali pertama aku mengikuti kejuaraan kempo, biasanya aku mewakili kabupaten buleleng ketika kejuaraan tingkat Provinsi. Kalau pun ada kejuaraan Porseni biasanya aku mewakili Kecamatan Busungbiu. Sekarang aku bersekolah di SMA Negeri Bali Mandara(Sampoerna Academy) yang bertempat di Kecamatan Kubutambahan jadi kebanggaan yang begitu besar ku rasakan ketika, diberi kepercayaan penuh untuk mewakili kecamaatan kubutambahan dalam ajang kejuaraan porseni 2012 ini. Sebenarnya sebelum  mengetahui kejuaraan ini, sudah ku bina beberapa teman, siswa Bali Mandara untuk berlatih Kempo, jadi tidak sulit bagiku untuk mencari atlet.
 Dua minggu sebelum kejuaraan kami berlatih keras, untuk menyambut kejuaraan tersebut. Setiap sore aku melatih teman-teman, sambil melatih diriku sendiri. Ketika melatih, alat-alat latihanlah yang menjadi kendala kami, karena memang fasilitas latihan yang belum memadai. Aku berusaha melatih dengan caraku  yaitu berlatih dengan bayangan yaitu bertarung dengan imajinasi.  Sampai suatu saat terlintas dalam benakku untuk meminjam alat latihan kepada pengurus Kempo Kabupaten Buleleng. Beruntung aku dikenal sebagai atlet Buleleng ,jadi tidak segan mereka memfasilitasiku 2 alat latihan. Alat inilah yang ku gunakan untuk melatih teman-teman. Tapi itu tidak cukup, jadi terpaksa kami menggunakannya secara bergantian, meskipun memang tidak efficient. Selain melatih, sebenarnya aku mempunyai jadwal latihan bersama tim Kempo Buleleng setiap minggu, karena itu memeng kewajiban setiap atlet. Tapi aku tetap semagat melatih teman-teman. Kejuaraan sudah dekat, kami mulai menimbang berat badan, dan beberapa kelas telah terpenuhi. Aku turun di kelas 60 kg putra dan juga ikut  dalam kategori seni berpasangan campuran.
Sepertinya kejuaraan Porseni Kempo kali ini berbeda dari yang terdahulu. Sekarang hampir setiap Kecamatan merekrut atlet luar Kabupaten sebagai wakil kecamatan. Itu bukan merupakan halangan bagiku, karena sesungguhnya kami mengikuti kejuaraan, untuk mencari pengalaman. Satu hari sebelum kejuaraan, berbondong kami ke tempat kejuaraan untuk mengikuti pembukaan. Masalah ku temukan kembali, kebanyakan atlet Kubutambahan yang belum mempunyai seragam Kempo, wajar karena beberapa atlet yang ku latih memang baru. Jadi itu, tanggung jawab ku sebagai pelatih untuk memfasilitasi mereka seragam. Kebetulan, selama menjadi atlet Buleleng, aku mempunyai banyak teman yang memang sering ikut serta dalam berbagai kompetisi Kempo jadi pastinya mereka mempunyai seragam lebih. Akupun berusaha meminjam seragam itu kepada mereka, 14 seragam berhasil ku pinjam untuk atlet-atlet baru Kubutambahan, satu hari sebelum kejuaraan.
Aku mempersiapkan stamina altlet agar tetap terjaga, kejuaraan tiba hampir setengah hari kami mengikuti kejuaraan tersebut.  Ternyata 3 atlet kubutambahan yang ku latih termasuk aku lolos ke babak final sedangkan 3 orang lain telah terhenti pada posisi ketiga. Begitu juga kategori seni yang ku ikuti, sangat tidak etis! guru yang mengajarkan ku kempo, ikut serta dalam lomba seni ini. Aku tetap semangat dan hasilnya aku terpaut 2 nilai dari guruku. Aku harus iklas berada diposisi kedua.
Saat Final, 2 orang temanku telah berhasil memenangkan pertandingan dan yang lain telah terhenti pada posisi kedua. Sekarang saatnya aku, ternyata lawanku adalah atlet denpasar yang memang hebat dalam hal bertanding. Aku tidak gentar dan beberapa menit kemudian, kami berdua bertanding dengan sangat gigih dan akhirnya setelah perpanjangan waktu, aku pun berhasil ditaklukan. Mungkin belum saatnya aku memenangkan pertandingan ini. Aku harap melalui pertandingan ini, aku bisa mengasah skill-skill, bisa mangambil nilai dan makna. Bisa kujadikan panutan kedepannya .Akhirnya kami pulang dengan membawa 2 emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Kami pulang dengan rasa sangat puas dan bahagia. Satu hari sesudah kejuaraan, kami merenung sebentar dan berharap kejuaraan ini bisa memberikan kami manfaat yang berarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar