Rabu, 01 Mei 2013

Emas di Awal November




Kamis, 1 November 2012, merupakan hari yang spesial bagi seluruh siswa SMA Negeri Bali Mandara, karena berhasil keluar sebagai juara kedua pada Olimpiade Biologi Tingkat SMA Se-Bali di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Prestasi ini datang dari Ni Wayan Wina Kusuma Yanti, seorang siswa kelas XI IPA dan anggota dari Biology Club SMANBARA.
Persiapan yang dilakukan sebelum mengikuti olimpiade ini telah dimulai beberapa minggu sebelumnya, dan pembinaan yang intensif sejak lima hari sebelum olimpiade. Dalam persiapan serta olimpiade tersebut, Wina tak sendiri. Ia berjuang bersama empat orang temannya; Eka Kusuma Yasa, Juniartawan, Budiarta, dan Anom Harjana.
Olimpiade tersebut diawali dengan babak penyisihan yang diadakan di Aula Kampus Tengah Undiksha.Dalam babak itu, 178 siswa dari seluruh Bali diseleksi untuk mendapatkan 20orang terbaik yang akan melanjutkan ke babak final. Pada babak itu, Wina lolos bersama Budiarta dan kemudian melanjutkan ke babak final.
Babak final terdiri dari 2 tes, yaitu tes esai dan tes praktikum. Tes pertama, yaitu tes esai, terdiri beberapa pertanyaan isian dan penjelasan. Sementara tes praktikum terdiri dari 4 praktikum yang mencakup 4 bidang khusus dalam Biologi. Dalam babak final ini, ke 20 besar finalis akan memeperebutkan posisi juara serta Piala Bergilir Gubernur Bali.
Setelah semua tes berakhir, tibalah pada pengumuman juara. Dalam acara tersebut, Wina berhasil keluar sebagai juara kedua dan mendapatkan medali emas. Tak hanya itu, ia juga sukses mendapatkan penghargaan sebagai The Best Practicum, sebuah penghargaan untuk praktikum terbaik yang memang ia idam-idamkan sejak SMP.
Walaupun, belum berhasil menjadi yang pertama, Wina tetap bersemangat. Ia akan terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang Biologi. Semua perjuangannya belum berakhir, karena ia masih mempunyai mimpi untuk menempatkan piala bergilir Gubernur Bali dalam perlombaan biologi selanjutnya di SMA Negeri Bali Mandara.

1 komentar:

  1. permisi yth admin/kk/bpak/ibu/saudara
    saya mau tanya, hasil Home visit'a kapan diumumkan?

    Selain itu, saya juga mau memberi selamat pada kakak-kakak yang hebat dan terutama kak Wina yang bisa meraih juara ke-2 d olimpiade Biologi se Bali.
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus