Jumat, 18 November 2011

LOMBA SERANGKAIAN HARI SUCI SARASWATI



Dalam memperingati hari suci Saraswati yang jatuh pada hari sabtu besok tepatnya Saniscara Umanis Wuku Watugunung 19 Nopember 2011, senat SMAN Bali Mandara (Sampoerna Academy) menggelar berbagai perlombaan yang diikuti oleh siswa siswi SMAN Bali Mandara (Sampoerna Academy), Jumat (18/11).
Perlombaan yang digelar meliputi, membuat pajegan, nanding canang sari, dharmagita (menyanyikan lagu-lagu suci Agama Hindu), dan dharmawacana (ceramah tentang ajaran dharma) yang dinilai oleh guru dan staff sekolah tersebut.
Meski ini merupakan lomba kali pertama digelar oleh pihak sekolah dalam memperingati turunnya ilmu pengetahuan, namun hal ini tidak mengurangi antusias siswa siswi dalam mengikuti perlombaaan.
“ selain meningkatkan sradha bakti kepada Ida Hyang Widhi Wasa, kami berharap siswa siswi ikut melestarikan nilai seni bernuansa Hindu, dan dapat mengamalkan nilai seni budaya sesuai ajaran Veda,” ungkap guru Agama Hindu, Dewa Putu Artawan,S.Ag, S.Sos, M.M
Pajegan dan canang sari tersebut usai diberikan penilaian oleh dewan juri, keesokan harinya saat peringatan hari suci Saraswati akan dihaturkan di padmasana dan pelinggih sekolah. Serta seluruh siswa sembahyang bersama-sama di padmasana sekolah untuk memohon restu kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai manisfestasi Dewi Saraswati yaitu penguasa ilmu pengetahuan.
“ Seminggu sebelum lomba, saya sudah mempelajari materi yang akan disampaikan saat lomba dharmawacana berlangsung, walau sedikit tegang tapi saya senang dapat mewakili house saya, ” ungkap Agung Peranian.
Siswa siswi pemenang lomba akan mendapatkan tambahan nilai pada house point card masing-masing, dan piagam penghargaan. Perlombaan dalam memperingati hari turunnya ilmu pengetahuan,  rencananya akan digelar setiap 6 bulan sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar