Senin, 03 Oktober 2011

LEARNING TO LIVE DAY


Program learning to live day SMAN Bali Mandara (Sampoerna Academy) yang dilaksanakan, Sabtu (1/10) selama sehari dirangkai berbagai kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa dengan tema Strength To Face A Challenge. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 8 Kubutambahan, dan obyek wisata Air Sanih.
Kegiatan Learning to Live Day merupakan kegiatan rutin yang digelar setahun sekali di seluruh Sampoerna Academy di Indonesia. Khusus untuk SMAN Bali Mandara (Sampoerna Academy) kegiatan ini baru pertama kali dilakukan. kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Kepala SMAN Bali Mandara Sampoerna Academy di aula sekolah yang dihadiri oleh perwakilan Putera Sampoerna Foundation dan perwakilan Kepala Desa Kubutambahan. Usai pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan pelayanan masyarakat (community service) di SDN 8 Kubutambahan yakni melakukan penataan taman, pembersihan area sekolah, penyerahan bantuan tempat sampah organik dan anorganik.
Kemudian dilanjutkan dengan Learning to Live Class yakni musik, broadcast, nursing, Tari Bali, pelatihan pembibitan jamur, theater, dan melukis. Terakhir melakukan kegiatan entrepreneurship dan community service di area obyek wisata Air Sanih serta menyerahkan bantuan tempat sampah oleh Kepala Sekolah SMAN Bali Mandara (Sampoerna Academy) kepada pihak pengelola obyek wisata Air Sanih.
Kepala SMAN Bali Mandara (Sampoerna Academy), Drs. I Nyoman Darta,M.Pd dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa kegiatan ini untuk mengekspresikan potensi diri para siswa, menumbuhkan rasa bangga memiliki kemampuan, melengkapi life skill siswa, dan masyarakat dapat merasakan adanya L to L dari siswa SMAN Bali Mandara (Sampoerna Academy). Melalui kegiatan L to L day diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, masyarakat dan sekolah.
Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan yakni, mengenalkan program sekolah kepada masyarakat sehingga manfaat dari program ini bisa dirasakan oleh masyarakat umum. Salah satu cara untuk menambah dan mempererat relasi dan silaturahmi dengan masyarakat, khususnya sekitar Kubutambahan, sebab program ini merupakan program andalan yang menggambarkan kualitas sekolah. Program yang menjembatani siswa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, bahwa siswa sebagai pelajar memiliki peran penting untuk membangun masyarakat menjadi lebih maju dan sejahtera. Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada generasi berikutnya di dalam masyarakat, yakni hubungan timbal balik anatara masyarakat dan siswa yang mempunyai beragam latar belakang dan sifat, serta memberikan pengalaman hidup kepada siswa yang sangat berguna untuk mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar