Jumat, 07 Oktober 2011

JUARA 3 LOMBA KARIKATUR



Komang Micho Wedayana siswa kelas X1, dari House Mantaray berhasil meraih juara 3 pada perlombaan “karikatur” SMA/SMK se-Kabupaten Buleleng di Universitas Panji Sakti Singaraja, Sabtu (8/10) pagi. Tema lomba karikatur ini ditentukan dari pihak panitia yakni “Hukum di Negeriku,” dengan waktu yang selama 150 menit. Lomba karikatur yang diikuti oleh 27 peserta, melalui beberapa kriteria penilaian, yaitu kesesuian tema, arsitektur gambar, dan pesan gambar yang disampaikan.
“ Awalnya saya merasa tegang, namun saya yakin akan mendapat juara pada perlombaan ini. Saya telah belajar karikatur sejak duduk di bangku SMP dan beberapa kali telah mengikuti perlombaan. Saya pun sempat mengalami kesulitan dalam mengikuti perlombaan ini, sebab waktunya yang singkat tanpa ada persiapan seperti latihan.”
Karikatur yang ia gambar berupa jungkat jungkit di atasnya berdiri seorang pejabat yang korupsi dengan orang miskin mencuri ayam. Saya memilih gambar tersebut, karena sesuai dengan fakta bahwa di Indonesia banyak ditemukan pejabat yang korupsi namun penegakkan hukum terhadap kasus itu sangat lemah.
Komang Micho Wedayana (15) asal Desa Penglatan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng, anak ketiga dari empat orang bersaudara, memiliki harapan agar bisa mengikuti perlombaan karikatur tingkat internasional. Pada perlombaan ini ia memperoleh hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan.

1 komentar: